Panduan Lengkap_ Auto CAD Land Desktop 2004 Part 3


MEMBUAT KONTUR


Bagi praktisi yang banyak berhubungan dengan pengolahan data area, luas dan volume, proses pembuatan kontur biasanya merupakan proses lanjutan setelah Import Points.


Kita akan membuat kontur berdasarkan dataset yang bisa anda temukan di posting terdahulu yang berjudulHow to work with Land Desktop – Tutorial Mengimport Point. Ikutilah langkah berikut:


1.   Bukalah Land desktop anda dan masuk ke file yang berisi layout point-point tadi.


2.   Pada menu Terrain klik Terrain Model Explorer


3.   Maka akan muncul window Terrain Model Explorer yang berfungsi sebagai pengolah points tadi untuk bisa menjadi kontur. Klik Kanan pada Terrain dan klik Create New Surface. Maka akan terbentuk surface baru dengan nama default ‘Surface1‘. anda bisa mengganti nama surface anda dengan klik kanan lalu mengklik Rename. namun kali ini kita gunakan saja nama default tersebut.







4.    Expandlah folder Surface1 tersebut dengan mengklik tanda plus di depannya hingga muncul folder lain dibawahnya, yaitu TIN Data.


TIN Data merupakan folder juga yang terdiri dari Point Groups, Point Files, DEM Files, Contours, Breaklines, Boundaries. masing-masing file tersebut memiliki fungsi tersendiri yang akan kita bahas lain waktu.


5.    Klik kanan di Point Files –> Add Points from AutoCAD Objects –> lalu klik Points.


6.    Anda akan dibawa kembali ke layar Land Desktop. di Command Prompt anda akan diajukan pilihan “Select Object by [Entity/Layer] :” ketiklah E lalu enter, yang berarti anda memilih Entity.


7.    Kemudian Anda diminta untuk memilih titik. selectlah semua titik yang ada di layar anda. lalu klik enter.


8.    Anda akan kembali ke Terrain Model Explorer, yang artinya points anda sudah disimpan di database tuh  .Tinggal beberapa langkah lagi menuju kontur. Klik kananlah pada Surface1 lalu klik Build. Terima semua default dan klik Ok. Land Desktop akan secara otomatis membangunkan database kontur untuk anda. Bila telah muncul tanda ‘Done Building Surface’ klik Ok. dan tutuplah window Terrain Model Explorer.


9.    Pada menu Terrain klik Create Contours. akan muncul window Create Contours. klik Style Manager. Klik tab Contour Appearance, pada Smoothing Options pilih yang Add Vertices dan geser slide disebelah kanannya ke nilai 8 pada skala 0-10. lalu klik Ok. lalu klik Ok lagi. lalu tekan Enter.


10.  Selesai.. Kontur anda akan muncul seperti gambar berikut.





0 Response to "Panduan Lengkap_ Auto CAD Land Desktop 2004 Part 3"

Posting Komentar

My Profil

Foto Saya
Cyberminer06
Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
Life is an eternal quest about knowing oneself. It's time to challenge yourself, to rediscover your hidden traits, talents, and tendencies. Several inconvenient questions, which you have swept under the carpet, might resurface. Here is a collection of "about me" quotes. Each noted author has revealed her or his unique qualities. When you read these "about me" quotes, you will find the inspiration to ask yourself "Is that true about me?"
Lihat profil lengkapku

My Plurk

Cari Blog Ini

A L P H A B E T I C A L F O R S U C C E S S

Menurut pakarnya, manusia sukses tidak cuma dari IQ saja. Peran EQ (Emotional Intelligence) pada kesuksesan bahkan melebihi porsi IQ. Seorang pakar EQ bernama Patricia Patton memberikan tips bagaimana kita menemukan dan memupuk harga diri, yang disebutnya alfabet keberhasilan pribadi. A : ACCEPT Terimalah diri anda sebagaimana adanya. B : BELIEVE Percayalah terhadap kemampuan anda untuk meraih apa yang anda inginkan dalam hidup C : CARE Pedulilah pada kemampuan anda meraih apa yang anda inginkan dalam hidup D : DIRECT Arahkan pikiran pada hal-hal positif yang meningkatkan kepercayaan diri E : EARN Terimalah penghargaan yang diberi orang lain dengan tetap berusaha menjadi yang terbaik F : FACE Hadapi masalah dengan benar dan yakin G : GO Berangkatlah dari kebenaran H : HOMEWORK Pekerjaan rumah adalah langkah penting untuk pengumpulan informasi I : IGNORE Abaikan celaan orang yang menghalangi jalan anda mencapai tujuan J : JEALOUSLY Rasa iri dapat membuat anda tidak menghargai kelebihan anda sendiri K : KEEP Terus berusaha walaupun beberapa kali gagal L : LEARN Belajar dari kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulanginya M : MIND Perhatikan urusan sendiri dan tidak menyebar gosip tentang orang lain N : NEVER Jangan terlibat skandal seks, obat terlarang, dan alkohol O : OBSERVE Amatilah segala hal di sekeliling anda. Perhatikan, dengarkan, dan belajar dari orang lain P : PATIENCE Sabar adalah kekuatan tak ternilai yang membuat anda terus berusaha Q : QUESTION Pertanyaan perlu untuk mencari jawaban yang benar dan menambah ilmu R : RESPECT Hargai diri sendiri dan juga orang lain S : SELF CONFIDENCE, SELF ESTEEM, SELF RESPECT Percaya diri, harga diri, citra diri, penghormatan diri membebaskan kita dari saat-saat tegang T : TAKE Bertanggung jawab pada setiap tindakan anda U : UNDERSTAND Pahami bahwa hidup itu naik turun, namun tak ada yang dapat mengalahkan anda V : VALUE Nilai diri sendiri dan orang lain, berusahalah melakukan yang terbaik W : WORK Bekerja dengan giat, jangan lupa berdo'a X : X'TRA Usaha lebih keras membawa keberhasilan Y : YOU Anda dapat membuat suatu yang berbeda Z : ZERO Usaha nol membawa hasil nol pula

Meresapi Makna dan Arti Cinta???

Cinta tak pernah akan begitu indah jika tanpa persahabatan…..yang satu selalu menjadi penyebab yang lain dan prosesnya…adalah irreversible…… Seorang pecinta yang terbaik adalah sahabat yang terhebat. Jika kamu mencintai seseorang, jangan berharap bahwa seseorang itu akan mencintai kamu persis sebaliknya dalam kapasitas yang sama. Satu diantara kalian akan memberikan lebih, yang lain akan dirasa kurang……….. Begitu juga dalam kasus. kamu yang mencari, dan yang lain akan menanti…… Jangan pernah takut untuk jatuh cinta…. mungkin akan begitu menyakitkan, dan mungkin akan menyebabkan kamu sakit dan menderita….. tapi jika kamu tidak mengikuti kata hati, pada akhirnya kamu akan menangis……. jauh lebih pedih…karena saat itu menyadari bahwa kamu tidak pernah memberi….cinta.itu sebuah jalan. Cinta bukan sekedar perasaan, tapi sebuah komitmen…. Perasaan bisa datang dan pergi begitu saja…… Cinta tak harus berakhir bahagia….. karena cinta tidak harus berakhir….. Cinta sejati mendengar apa yang tidak dikatakan…. dan mengerti apa yang tidak dijelaskan, sebab cinta tidak datang dari bibir dan lidah atau pikiran……… melainkan dari HATI. Ketika kamu mencintai, jangan mengharapkan apapun sebagai imbalan,karena jika kamu demikian, kamu bukan mencintai,melainkan…..investasi. Jika kamu mencintai, kamu harus siap untuk menerima penderitaan. Karena jika kamu mengharap kebahagiaan,kamu bukan mencintai….melainkan memanfaatkan. Lebih baik kehilangan harga diri dan egomu bersama seseorang yang kamu cintai dari pada kehilangan seseorang yang kamu cintai, karena egomu yang tak berguna itu…….. Bagaimana aku akan berkata ” SELAMAT TINGGAL “…. kepada seseorang yang tidak pernah aku miliki ??????? Kenapa tetes air mata jatuh demi seseorang yang tidak pernah menjadi kepunyaanku ????? Kenapa aku merindukan seseorang yang tidak pernah bersamaku dan kubertanya, Kenapa aku mencintai seseorang yang cintanya tidak pernah untukku ???? Sangat sulit bagi dua orang yang mencintai satu sama lain ketika mereka tinggal dalam dua dunia yang berbeda………. Tapi ketika kedua dunia ini melebur dan menjadi satu, itulah yang disebut KEAJAIBAN !!!!! Jangan mencintai seseorang seperti bunga,karena bunga mati kala musim berganti, Cintailah mereka seperti sungai, sebab Sungai mengalir selamanya…….. Cinta mungkin akan meninggalkan hatimu bagaikan kepingan2 kaca, tapi tancapkan dalam pikiranmu, bahwa Ada seseorang yang akan bersedia untuk menambal lukamu dengan mengumpulkan kembali pecahan2 kaca itu….. Sehingga kamu akan menjadi utuh kembali……

C I N T A S E J A T I

Cinta sejati adalah saat kamu benar-benar merasa “jatuh” cinta, saat ketidaksempurnaan tertutup oleh rasa sayang dan kelebihan disanjung-sanjung secara sedikit berlebihan.... Cinta sejati membuat dunia hanya terasa milik kalian berdua, saat orang-orang lain hanya terlihat seperti bayang-bayang suram, dan suara-suara lain berkelebatan menghilang.... Cinta sejati adalah saat kamu tahu ia tidak sempurna, namun kamu dapat mengatakan bahwa ialah yang sempurna, untuk dirimu.... Cinta sejati adalah saat kamu tahu ia tak akan tergantikan, bahkan jika suatu saat semua ilusi tentang “kita” ini menghilang.... Cinta sejati adalah saat kamu tetap meneteskan air mata, bahkan bertahun-tahun sejak kisah kalian berlalu, tanpa keinginan untuk kembali lagi persis seperti dulu.... Cinta sejati adalah saat semua lagu cinta adalah mengenaimu tentang dia, dan semua kisah cinta adalah alternatif cerita cinta kalian berdua....

TERLALU SEMPURNA

Kamu yang terlalu sempurna; Yang pernah aku temui dalam hidupku; Walau memang kamu sangat kuingini; Tapi aku takut atas rasa yang ada kini,,, Ketakutanku bukan karena waktumu; Ketakutanku bukan karena Sakitmu; Ketakutanku bukan karena kau tak setia; Ketakutanku bukan karena kau ingkar janjimu; Ketakutanku karena kau terlalu sempurna,,,, Walau sebenarnya ku tak ingin lagi sendiri; Walau aku mengharap tuk disayangi; Tapi aku takut tak bisa buatmu bahagia; Dan kau yang terlalu sempurna,,,, Matahariku yang kuharap dapat menyinariku; Bintang-bintang yang selalu menghiasi malamku; Keindahan alam ini mengingatkan ku atas cinta; Cinta atas dirimu yang terlalu sempurna; Dalam mimpiku, dalam nyataku,,,, Aku sangat-sangat menyayangimu; Dan sejujurnya tak ingin kehilanganmu; Aku ingin selalu disisimu; Untuk dapat bercerita tentang kita; Tapi sekali lagi maafkan aku,,,, Mungkin kini aku harus menepi; Dan aku harus kembali menata hati; Untuk relakan kisahku pergi; Ini Karena kau terlalu sempurna; Untuk diriku yang hanya orang biasa; Dalam Perenunganku tentang rasa yang ada,,,,